Juara Penulis Artikel Dwina Fitriani Dharmawan SMAN 48

LOMBA INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN & PRAKTIKUM SMK DAN MADRASAH

Oleh Majelis Ulama Indonesia Prov. DKI Jakarta

 

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam memajukan sebuah bangsa. Maju mundurnya sebuah negara sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang ada di negara itu. Sebab pendidikan yang baik akan mencetak anak banngsa yang berkualitas. Anak bangsa dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka yaitu melalui pendidikan. Pendidikan yang tertata dengan baik akan melahirkan generasi yang cerdas akhlak dan pemikirannya.

Dewasa ini telah dikembangkan berbagai macam media terutama yang lebih bersifat visual ataupun audio visual. Pengembangan ini berupaya mendukung potensi peserta didik secara umum yang secara alami dalam belajar lebih anyak menggunakan media penglihatan yaitu mata. Selain penekanan pada sisi visual, media yang lebih didukung untuk dikembangkan adalah media yang mendukung pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik mau mengikuti pembelajaran dengan antusias, sehingga mata pelajaran yang dipelajari akan lebih mudah terekam pada memori peserta didik. Salah satu bentuk media itu adalah komik pembelajaran.

Media komik merupakan salah satu bentuk sumber belajar yang dapat membantu peserta didik dan dapat menggantikan sementara posisi guru dalam kegiatan pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas. Media komik dapat digunakan dalam proses pembelajaan dua arah, yaitu sebagai alat bantu mengajar dan sebagai media belajar yang dapat digunakan sendiri oleh peserta didik.

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka saya, Dwina Fitriani Dharmawan, siswi SMAN 48 jakarta mengambil judul Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada ProsesPembelajaran Untuk Pelajar SMK dan atau Madrasah sebagai inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini, dalam rangka mengikuti Lomba Inovasi Media Pembelajaran & Praktikum yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia Prov. DKI Jakarta.

Setelah diadakannya seleksi oleh para dewan juri terkait, Alhamdulillah saya sebagai perwakilan dari SMAN 48 Jakarta lolos menjadi finalis bersama 20 peserta yang lain, baik siswa maupun mahasiswa. Proses Final berlangsung di Universitas Al-Azhar, pada tanggal 28 Oktober 2019.

Presentasi karya dan pameran merupakan rangkaian acara dari tahap final ini. Puji syukur berkat Rahmat Alah SWT, Ridho orang tua, disertai dengan Doa dan support dari warga SMAN 48 Jakarta baik guru maupun teman-teman, Dwina Fitriani Dharmawan memperoleh juara 1 tingkat Siswa/Santri dalam Lomba Inovasi Media Pembelajaran & Praktikum yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia Prov. DKI Jakarta, dengan tema Inovasi yaitu Comics Education.

Dengan adanya prestasi yang diberikan oleh SMAN 48 Jakarta, diharapkan dapat memotivasi Siswa siswi yang lain untuk meningkatkan kreativitas dan membawa nama baik SMAN 48 untuk kedepanya, dalam membentuk sekolah berprestasi dan generasi unggul di era globalisasi saat ini.

Dibawah ini Hasil Karya Artikel Dwina Fitriani Dharmawan

DWINA FD-COMICS EDUCATON

Post Author: sman48

Profile photo of sman48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *