19.215 Siswa di Babel Ikuti UN SMP

Pangkalpinang, Kemendikbud – Sebanyak 19.215 siswa tingkat akhir jenjang SMP di Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengikuti ujian nasional (UN). Sampai hari kedua pelaksanaan, UN di provinsi ini berlangsung lancar dan tertib.

“Alhamdulillah lancar, tidak ada kekurangan soal, dari hari Kamis (30/4) yang lalu soal sudah kita distribusikan ke kabupaten/kota dan disimpan di Polsek tiap kecamatan,” kata Ketua Umum Panitia Pelaksanaan Ujian Nasional Provinsi Babel, Wahyudin, Selasa (5/5/2015) di Pangkalpinang.

Dari total jumlah 19.215 siswa yang mengikuti UN terdiri dari 16.783 siswa SMP, SMPLB, Paket B, dan 2.432 siswa MTs. Semua sekolah melaksanakan ujian berbasis kertas, tidak ada yang berbasis komputer.

Wahyudin mengatakan, tim pemindai lembar jawaban ujian nasional (LJUN) juga telah siap bekerja. Tim pemindai LJUN dari Dinas Pendidikan Provinsi Babel berjumlah empat orang dan dilengkapi dengan sejumlah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang memadai.

Koordinator Tim Pemindai LJUN Provinsi Babel Fadilah mengatakan, jam kerja tim pemindaian ini dari pukul 7.30 WIB sampai malam pukul 23.00 WIB.

Dari tinjauan Tim Pemantau UN Kemendikbud, pelaksanaan UN di sejumlah sekolah di Provinsi Babel berlangsung tertib dan tidak ada kendala yang berarti. Tingkat kehadiran siswa juga sangat tinggi. “Kualitas LJUN tahun ini cukup bagus, tebal dan tidak gampang mengelupas,” kata Eko Heri Priyanto, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pangkalpinang.

Terkait kendala administrasi, pada hari pertama pelaksanaan UN sejumlah pengawas agak bingung mengisi berita acara pelaksanaan UN. “Agak bingung mengisi berita acara, ketika siswa hadir semua apakah ketidakhadiran diisi nol atau strip, terus pada kolom nomor apakah diisi nomor siswa yang hadir atau tidak hadir,” ujar Fransiska Rindiyanti, Kepala Sekolah SMP Santa Theresia PangkalPinang.

Namun pada hari kedua pelaksanaan UN, pengisian berita acara tersebut sudah ada kejelasan. Fransiska berharap tahun depan POS UN menjelaskan setiap detail berkas administrasi pelaksanaan UN. Namun secara umum, Fransiska menilai pelaksanaan UN SMP/sederajat tahun ini berjalan baik. (Nur Widiyanto / Mangara Sitanggang)

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/4165

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FacebookInstagramTwitterYoutubewechatEmail